Rabu, 23 Mei 2012

Manfaat Pelajaran TIK Bagi Kehidupan


Manfaat Pelajaran TIK Bagi Kehidupan
Saat ini internet hadir sebagai edia pendidikan. Namun internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. etode konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Penggunaan internet memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas dibandingkian dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktiu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metode pengajaran dapat dikomunikasikan dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, chatting. mailing list memungkinkan pakar berdiskusi sehinng menghilangkan jarak antara pakar dengan pelkajar. Suasana hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif.
Banyak manfaat-manfaat yang dapat diambil dari internet. namun semua itu tergantung pada orang-orang atau perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan media internet. Bila internet itu disalahgunakan dalam pemanfaatannya, maka akan timbul dampak negatif yang tidak diinginkan. Menurut data yang diperoleh melalui internet, para remaja dan pemuda di Tiongkok dapat memperluas cakrawala dam menambah pengetahuan umum mereka. namun sama halnya dengan negara kita, informasi yang tidak mendidik juga terjadi disana. Hal itu memberi dampak negatif bagi mereka karena dapat mempengaruhi perilaku mereka. Bahkan banyak diantara mereka yang hanyut dalam dunia khayalan internet.
Berbagai kalangan masyarakat dewasa dan pemerintah di Tiongkok khawatir dengan pengaruh internet disana. Mereka berusaha mencari solusi untuk menghindari dampak-dampak negatif itu. Usaha-usaha yang mereka lakukan misalnya memperbaiki dan memperketat pengelolaan warnet-warnet komersial yang ada di Tiongkok. Warnet komersial harus menyeleksi orang-orang yang akan ke warnet tersebut. Orang yang belum dewasa dilarang masuk ke warnet tersebut. Orang-orang yang belum dewasa adalah orang-orang yang usianya belum mencapai 18 tahun. Penetapan tersebut harus dipatuhi. Para remaja dan pemuda disana dilarang karena akan mengganggu kegiatan belajar Mereka.
Sebenarnya, pembelajaran tentang komputer sangat baik diajarkan sedari dini. Namun biasanya, anak-anak menyalahgunakan pembelajaran tersebut. Maka sebaiknya, para guru dan orangtua lebih memperhatikan perkembangan anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar